Kamis, 19 Agustus 2010

Peran Penting PTK dalam Keberhasilan Belajar

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang guru di kelasnya sendiri atau dilakukan dalam pembelajaran biasa bukan kelas khusus. PTK dijalankan dengan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Manfaat penelitian ini memberikan dampak positif ganda yaitu pertama, peningkatan kemampuan dalam menyelasaikan masalah pendidikan dan pembelajaran yang nyata. Kedua, peningkatan kualitas isi, masukan, proses dan hasil belajar. Ketiga, peningkatan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan lainya. Keempat, penerapan prinsip pembelajaran berbasis penelitian sebagai upaya peningkatan kemampuan meneliti di masa lalu yang cenderung dirancang dengan pendekatan RDD (Research Development Dissemination).
Pendekatan ini lebih menekankan perencanaan penelitian yang bersifat topdown dan bersifat kuat orientasi teoritiknya. Paradigma demikian dirasakan tidak sesuai dengan perkembangan pemikiran baru, khususnya manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS). Pendekatan ini menitikberatkan pada upaya perbaikan mutu yang inisiatifnya berasal dari motivasi internal pendidik dan tenaga kependidikan itu sendiri (an effort to internally initiate endeavor for quality improvement) dan bersifat pragmatis naturalistik.
Melalui PTK masalah-masalah pendidik dan pembelajaran dapat dikaji, ditingkatkan dan dituntaskan sehingga proses pendidikan dan pembelajaran yang inovatif dan hasil belajar yang lebih baik dapat diwujudkan secara sistematis. Pelaksanaan PTK diharapkan dapat menciptakan sebuah budaya belajar (learning culture) di kalangan guru dan siswa di sekolah. PTK menawarkan peluang sebagai strategi pengembangan kinerja sebab pendekatan penelitian ini menempatkan pendidik dan tenaga kependidikan sebagai peneliti dan sebagai agen perubahan yang pola kerjanya bersifat kolaboratif.
Beberapa alasan mengapa PTK merupakan suatu kebutuhan bagi guru untuk meningkatkan profesional seorang guru yaitu PTK sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka, tanggap terhadap dinamika pembelajaran di kelasnya. Dia menjadi reflektif dan kritis terhadap lakuan apa yang dia dan muridnya. PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional.guru tidak lagi sebagai seorang praktis yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa ada upaya perbaikan dan inovasi namun juga sebagai peneliti dibidangnya.
Dengan melaksankan tahapan-tahapan dalam PTK guru mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang dalam terhadap apa yang terjadi di kelasnya.Tindakan yang dilakukan guru semata-mata didasarkan pada masalah aktual dan faktual yang berkembang dikelasnya. Pelaksanaan PTK tidak mengganggu tugas pokok seorang guru karena dia tidak perlu meninggalkan kelasnya. PTK merupakan suatu kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan pelaksanaan proses pembelajaran.
Dengan melaksanakan PTK guru menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaya inovasi sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya. Penerapan PTK dalam pendidikan dan pembelajaran memiliki tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas praktik pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatkan mutu hasil instruksional, mengembangkan ketrampilan guru, meningkatkan relevansi,meningkatkan efisiensi pengelolaan instruksional serta menumbuhkan budaya meneliti pada komunitas guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar